Sabtu, 03 Oktober 2015

Tugas Backup dan Recovery Database



Tugas Backup dan Recovery Database
1.      Apa yang dimaksud dengan proses backup dan restore dalam database ?
2.      MySQL menyediakan beberapa jenis format tabel yang penggunaannya tergantung dari tujuan pembuatan tabel tersebut. Sebutkan jenis-jenis format tabel tersebut !
3.      Sebutkan proses backup dan restore yang anda ketahui dalam database MySQL !
4.      Dengan menggunakan MySQL Console, buatlah sebuah database dengan nama latihan, kemudian dalam database tersebut buat sebuah table dengan struktur sebagai berikut :

Nama Kolom
Type Data
no_buku
char(5)
Judul_buku
varchar(100)
Penulis
varchar(50)
penerbit
varchar(50)
thn_terbit
char(4)

5.      Setelah proses pembuatan table selesai, isi table tersebut!
6.      Untuk memastikan bahwa proses pemasukan data (insert) berhasil, lakukan proses untuk menampilkan data dari table buku tersebut !
7.      Kemudian lakukan proses backup terhadap table buku tersebut !
8.      Lakukan proses restore file hasil backup diatas ke table buku !
9.      Lakukan proses backup terhadap database latihan tersebut dengan menggunakan tool mysqldump!
10.  Melakukan proses backup dengan tool mysqldump memiliki beberapa kelebihan, sebutkan!
JAWAB :
1.      
2.     S
A. MyISAM
Tipe tabel MyISAM merupakan tipe tabel yang sederhana, stabil dan mudah digunakan. Jika kita akan menyimpan data sederhana yang tidak terlalu rumit, maka gunakanlah tipe tabel ini. Kelebihan utama MyISAM adalah kecepatan dan kestabilannya.
B. InnoDB
Tipe tabel InnoDB merupakan tipe tabel MySQL yang mendukung proses transaksi. Tipe ini memiliki beberapa keunggulan dan kekurangan, antara lain:
C. HEAP 
Tabel dengan tipe HEAP tidak menyimpan datanya di hardisk, tetapi menyimpan di RAM (memori). Tipe tabel ini biasanya digunakan sebagai tabel sementara (temporary). Tabel secara otomatis akan dihapus (hilang) dari MySQL saat koneksi ke server diputus atau server MySQL dimatikan.
D. BDB
Setiap tabel BDB disimpan pada disk dalam dua file. File memiliki nama yang dimulai dengan nama tabel dan memiliki ekstensi untuk menunjukkan jenis file. Sebuah .frm toko file format tabel, dan .db file berisi data tabel dan indeks.
E. Archieve
Bila teman-teman membuat tabel Archieve tabel, server menciptakan sebuah file format tabel dalam direktori database. File dimulai dengan nama tabel dan memiliki .frm ekstensi. Mesin penyimpanan menciptakan file lainnya, semua memiliki nama yang diawali dengan nama tabel.
Pada MySQL 5.1.6, yang Archieve mesin mendukung Auto_Increment kolom atribut. The Auto_Increment kolom dapat memiliki indeks yang unik atau nonunique. Mencoba untuk membuat indeks pada setiap hasil kolom lain dalam kesalahan.
F. CSV
Tipe tabel ini digunakan untuk menyimpan data dalam bentuk file text yang dibatasi dengan koma (delimiter). Tipe ini tersedia sejak MySQL versi 4.1.
G. NDB Table
Untuk menggunakan NDB database kemungkinan perubahan skema, permintaan, dan aplikasi. Selain itu, dari MySQL 5.1.24 dan seterusnya, sehingga standar mysqld tidak bisa berfungsi sebagai pengganti dropin untuk versi mysqld yang disertakan dengan MySQL Cluster.

3.     Suatu database di backup terlebih dahulu. Hasil backup ini nantinya disimpan di suatu tempat supaya jika sewaktu-waktu dibutuhkan, tinggal mengambil dari database hasil backup tersebut. Misalkan database primer terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan database primer mengalami kerusakan, maka administrator mengambil database yang sudah di backup di tempat penyimpanan, dan di restore (dikembalikan) ke database primer. Cara ini bisa dilakukan secara static (disaat server harus dimatikan) maupun dynamic (bisa dilakukan tanpa mematikan server), dan bisa dilakukan secara remote (kendali jarak jauh).
4.      
5.     S
6.     D
7.     A
8.     D
9.     J
10.                         ·  Langsung mem-backup seluruh database beserta struktur tabelnya tanpa harus mem-backup satu persatu tabelnya
·         Dapat dilakukan di luar mysql tanpa harus masuk ke mysql
·         Mudah untuk melakukan restore file hasil backup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar