Kamis, 08 Januari 2015

Relasi logik


Nama : Rubika Nastiti
Kelas : X TKJ
Guru  : Selamet Hariadi
Abstrak : Pada postingan ini saya akan membahas beberapa hal yaitu :

  1. Apa itu Relasi Logik?
  2. Apa itu Operasi Logik?
  3. Jelaskan fungsi gerbang dasar (AND, OR, NOT)?
  4. Jelaskan fungsi gerbang kombinasi (NAND, EXOR)?
  5. Dimana penggunaan operasi logik?

Jawaban :

1.      Informasi dalam bentuk sinyal 0 dan 1 saling memberikan kemungkinan hubungan secara logik. Fungsi dasar relasi logik adalah : Fungsi AND, OR, dan Fungsi NOT. Disamping ketiga fungsi dasar tersebut ada beberapa fungsi logik yang sering digunakan yaitu : Fungsi EXCLUSIVE OR ( EX-OR ) dan Fungsi EQUIVALENCE. Di dalam Eletronika, fungsi-fungsi logik diatas dinyatakan dalam bentuk : Simbol, Tabel Kebenaran, Persamaan Fungsi dan Diagram Sinyal Fungsi Waktu.

2.      Suatu fungsi logika atau operasi logika merupakan suatu kombinasi variabel biner seperti misalnya pada masukan dan keluaran dari suatu rangkaian digital yang dapat ditunjukkan bahwa semua hubungan logika antara variabel – variabel biner dapat dijelaskan oleh 3 operasi logika dasar yaitu :

·        Operasi AND (conjuction)

·        Operasi OR (disconjuction)

·        Operasi NOT (negation)

3.      fungsi gerbang dasar (AND, OR, NOT)

A.    Gerbang  AND


Gerbang AND dinyatakan sebagai Y = A • B, dimana output rangkaian Y bernilai 1, hanya jika kedua inputnya A dan B masing-masing bernilai 1; dan output Y bernilai 0 untuk nilai-nilai A dan B yang lain.  Simbol gerbang AND dapat dilihat pada Gambar

 

 

Simbol Gerbang AND

Sedangkan tabel kebenaran untuk rangkaian gerbang AND adalah:

 



                        Tabel 1. Tabel kebenaran dari gerbang AND


B.    Gerbang OR
Gerbang OR dinyatakan sebagai Y = A + B, dimana output rangkaian Y bernilai 0, hanya jika kedua inputnya A dan B masing-masing bernilai 0; dan output Y bernilai 1 untuk nilai-nilai A dan B yang lain.  Simbol gerbang OR dapat dilihat pada Gambar 2.

Simbol gerbang OR


Adapun tabel kebenaran untuk rangkaian gerbang OR, sebagai berikut:

 

 


Tabel 2. Tabel kebenaran dari gerbang OR


C.    Gerbang NOT
Gerbang NOT juga dikenal sebagai inverter dan dinyatakan sebagai Y =  . Nilai output Y merupakan negasi atau komplemen dari input A. Jika input A bernilai 1, maka output Y bernilai 0, demikian sebaliknya. Simbol gerbang NOT dapat dilihat pada Gambar 3.

 

Simbol gerbang NOT


Sedangkan tabel kebenaran untuk rangkaian gerbang NOT adalah:

 

Tabel 3. Tabel kebenaran dari gerbang NOT

 

4.      Fungsi Gerbang Kombinasi :                                                                

D. Gerbang NAND

Gerbang NAND dinyatakan sebagai Y =A • B  , dimana output rangkaian Y bernilai 0, hanya jika kedua inputnya A dan B masing-masing bernilai 1; dan output Y bernilai 1 untuk nilai-nilai A dan B yang lain. Jadi NAND adalah komplemen dari AND. Simbol gerbang NAND dapat dilihat pada Gambar 4.

Simbol gerbang NAND

Adapun tabel kebenaran untuk rangkaian gerbang NAND, sebagai berikut:

 



Tabel 4. Tabel kebenaran dari gerbang NAND

 

E.    Gerbang X-OR
Gerbang X-OR dinyatakan sebagai Y = A • B + A• B  atau disederhanakan menjadi Y = A + B, dimana output rangkaian Y bernilai 0, jika kedua input A dan B memiliki nilai yang sama, dan output Y bernilai 1 jika kedua input A dan B memiliki nilai yang tidak sama.  Simbol gerbang X-OR dapat dilihat pada Gambar 6.

 Simbol gerbang X-OR

Sedangkan tabel kebenaran untuk rangkaian gerbang X-OR adalah:

 



Tabel 4. Tabel kebenaran dari gerbang X-OR

 

 

5.      Fungsi Logika dalam Microsoft Excel digunakan untuk menguji suatu kondisi dengan menggunakan syarat tertentu dan oleh Microsoft Excel akan dikatakan TRUE (Nilai 1) jika syaratnya terpenuhi atau FALSE (Nilai 0) jika syaratnya tidak terpenuhi.
Syarat yang digunakan untuk menguji suatu kondisi bisa hanya satu syarat, salah satu syarat diantara beberapa syarat (Fungsi OR), dua syarat atau lebih wajib terpenuhi (Fungsi AND), atau bukan dengan syarat tertentu (Fungsi NOT).

 

 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar